Konsulltasi DPPAPP

Apa Manfaat Brand Awareness Bagi Usaha

Siap Ekonomi

Saat berbicara tentang bisnis, pasti sudah tidak asing dengan brand awareness. Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan dari seorang calon konsumen untuk mengenali atau mengingat suatu merek yang merupakan bagian dari suatu kategori produk. Brand awareness dapat mempengaruhi keputusan calon konsumen dalam pembelian produk. Tujuan dari brand awareness untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui berbagai cara karena membangun brand awareness sendiri memerlukan sebuah proses yang tidak singkat. 


Kenapa brand awareness menjadi penting? Loyalitas konsumen terhadap suatu produk akan meningkatkan penjualan. Contoh ketika kita ingin membeli produk mie instan, pasti kita sebagai konsumen teringat pada satu atau dua merek. Hal ini menandakan bahwa produk tersebut sudah memiliki brand awareness yang tinggi, sehingga begitu dekat dan mudah diingat konsumen.


Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness kepada konsumen terhadap suatu produk atau jasa? 


Buat Nama, Logo, dan Tagline

Pembuatan nama, logo, dan tagline dibuat agar konsumen mengenali merek dengan mudah, pastikan untuk konsisten dengan identitas merek tersebut di seluruh platform.


Manfaatkan Digital Marketing

Pemanfaatan media sosial, website, dan e-commerce sebagai salah satu cara meningkatkan brand awareness dengan konten yang menarik dalam bentuk feed, reels, artikel, dan video sehingga menjadi media efektif untuk penyampaian informasi produk kepada calon konsumen. Selain itu pelaku usaha juga harus aktif dalam berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen melalui media sosial karena dapat meningkatkan engagement, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan brand awareness.  


Menerapkan Influencer Marketing

Influencer marketing bertujuan memperluas jangkauan mengenal produk atau layanan bisnis serta menarik perhatian yang lebih besar karena setiap media sosial terdapat influencer dengan audiensnya tersendiri.


Berpartisipasi dalam Event

Partisipasi secara aktif di sebuah event seperti mengikuti bazar, pameran atau kegiatan lainnya memiliki peluang secara langsung untuk menjangkau calon konsumen.


Jika pengusaha melakukan hal-hal tersebut dengan optimal, manfaat-manfaat berikut akan menunjang usahanya:


Menumbuhkan Kesadaran Konsumen Adanya Produk Baru

Masyarakat sebagai konsumen akan menyadari kehadiran merek tersebut apabila terdapat khas atau keunikan dari produk atau layanan tersebut.


Menarik Calon Konsumen

Melalui pemanfaatan media sosial serta platform online lainnya dalam pembuatan konten yang informatif dan menarik untuk memperkuat citra merek, maka pengenalan merek itu sendiri akan menarik konsumen.


Penjualan Meningkat

Semakin kuatnya brand awareness maka akan menarik lebih banyak calon konsumen yang tertarik, yang akhirnya akan meningkatkan penjualan produk.


Meningkatkan Kepercayaan

Terciptanya brand awareness dapat membangun kepercayaan konsumen karena cenderung lebih nyaman membeli dari merek yang sudah dikenal.


Dalam membangun brand awareness, kunci utamanya adalah konsisten, memanfaatkan berbagai media pemasaran, seperti media sosial, memanfaatkan digital marketing, menjalin kemitraan, maka pelaku bisnis dapat membangun citra merek yang kuat. Dengan memanfaatkan brand awareness, dapat meletakkan pondasi yang kuat untuk pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.



Artikel Terkait



Call Center Puspa