Konsulltasi DPPAPP

Asupan Gizi Seimbang untuk Catin

Komunikasi Informasi Edukasi Keluarga Berencana

Selama ini bagaimana cara catin memilih menu makanan sehari-hari? Setiap catin dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang lho. Terus, bagaimana mengatur makanan yang sesuai dengan gizi seimbang? Tentunya harus terdiri dari makanan pokok (seperti nasi, jagung, sagu, dll), lauk pauk sumber protein (tahu, tempe, ikan, daging sapi, ayam, dll), sayuran (bayam, kangkung, wortel, kacang Panjang, dll), buah-buahan (jeruk, pepaya, pisang, nanas, dll) dan minum air putih yang cukup hingga 8 gelas per hari. Proporsi dalam setiap kali makan juga harus di perhatikan yang biasa di gambarkan dengan istilah ISI PIRINGKU, yaitu:

Khususnya untuk catin wanita, yang merupakan calon seorang ibu yang nantinya akan hamil dan mempunyai bayi tentunya harus memperhatikan gizi seimbang ini ya. Apabila ibunya kekurangan gizi pada saat hamil, maka bayi dalam kandungannya tidak dapat berkembang dengan optimal dan akan berpengaruh pada perkembangan organ-organ pentingnya. Hal ini juga yang bisa mengakibatkan bayi menjadi stunting.

Selain jenis makanan sesuai dengan isi piringku, catin sebaiknya juga memperhatikan kualitas bahan makanan yang akan dimasak. Tidak kalah penting adalah memastikan kebersihan bahan makanan dan alat memasak yang akan digunakan. Catin dapat mencuci bahan makanan menggunakan air mengalir, mencuci peralatan dengan sabun dan air mengalir, untuk memastikan semua bersih dari bakteri dan kotoran.

 

 

Sumber: Panduan Mempersiapkan Pernikahan dan Kehamilan bagi Calon Pengantin untuk Mencegah Stunting, BKKBN 


Artikel Terkait



Call Center Puspa