Konsulltasi DPPAPP

Optimalisasi Layanan, Dinas PPAPP DKI Jakarta Tambah Pamong dan Konselor PUSPA

Serba Serbi DPPAPP

Jakarta Pusat - Dalam rangka optimalisasi layanan Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta pada awal tahun 2023 melalukan penambahan jumlah Tenaga Ahli (Pamong) dan Tenaga Layanan (Konselor) Program Peningkatan Kualitas Keluarga pada PUSPA. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menunjang implementasi program peningkatan kualitas keluarga, serta menjadikan PUSPA sebagai "Center of Excellence in Family Happiness" di Kota Jakarta.
 
"Pada 2023 ini kita akan melakukan optimalisasi layanan PUSPA untuk keluarga dan masyarakat Jakarta. Rencananya kami akan menambah tenaga layanan yang profesional di bidangnya. Diharapkan dengan bertambahnya tenaga ahli layanan PUSPA, baik tenaga pamong maupun konselor, dapat menghadirkan pelayanan yang prima yang dapat memberikan informasi lengkap dalam mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di DKI Jakarta," ujar Tuty Kusumawati, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, di Jakarta Pusat, Jumat (20/01).
 
Tuty menjelaskan, penambahan Tenaga Ahli dan Tenaga Layanan Program Peningkatan Kualitas Keluarga Pada Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) Tahun 2023 dilakukan melalui rekrutmen resmi. Rekrutmen resmi ini diselenggarakan oleh Dinas PPAPP DKI Jakarta melalui surat pengumuman Nomor : 43 /PPBJ-DPPAPP/I/2023 untuk rekrutmen Tenaga Ahli (Pamong), dan surat pengumuman Nomor : 44 /PPBJ-DPPAPP/I/2023 untuk rekrutmen Tenaga Layanan (Konselor). Rangkaian proses rekrutmen ini dimulai sejak tanggal 6-24 Januari 2023.
 
Adapun rincian kebutuhan Tenaga Ahli dan Tenaga Layanan Program Peningkatan Kualitas Keluarga Pada Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) Dinas PPAPP DKI Jakarta Tahun 2023, sebagai berikut:
 
A. Tenaga Ahli
1. Pamong Urusan Pemenuhan Hak Perempuan dan Anak: tugas utama mengkoodinir pelaksanaan tugas tenaga pelayanan (konselor hukum keluarga dan disabilitas, konselor parenting, konselor anak) KIE Digital PUSPA sesuai dengan bidang tugasnya;
2. Pamong Urusan Layanan Kesejahteraan Keluarga: tugas utama  mengkoordinir pelaksanaan tugas tenaga pelayanan (Konselor Remaja, Konselor Lansia, Konselor Kesejahteraan Keluarga) KIE Digital PUSPA sesuai dengan bidang tugasnya.
 
B. Tenaga Layanan
1. Konselor Humum
2. Juru Bahasa Isyarat
3. Konselor Parenting
4. Konselor Gizi Anak
5. Konselor Anak
6. Konselor Remaja
7. Konselor Napza dan HIV AIDS
8. Konselor Gizi Lansia
9. Konselor Keuangan
10. Konselor Keluarga
11. Konselor Laktasi
12. Konselor Gizi Ibu
13. Konselor Kewirausahaan dan Teknologi Tepat Guna
 
Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PPAPP DKI Jakarta telah menghadirkan Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) di Kota Jakarta pada tahun 2022. PUSPA merupakan salah satu wadah pengintegrasian Pendataan Keluarga Satu Pintu dan sinkronisasi pelayanan kesejahteraan keluarga. PUSPA bersinergi dengan Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta untuk menyediakan layanan publik yang berfokus kepada ketahanan keluarga.
 
Lebih lanjut, Tuty menambahkan, PUSPA dirancang sebagai pusat informasi dan koordinasi yang diharapkan dapat menjadi sebuah wadah kerja sama antara pemerintah, dunia usaha, civitas akademika, media, dan masyarakat dengan memanfaatkan data keluarga satu pintu, yang dapat memberikan informasi lengkap dalam mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di Kota Jakarta.
 
"Untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan diperlukan adanya sinergi yang berkelanjutan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi,  media massa, dunia usaha, serta seluruh elemen masyarakat," terangnya.
 
Melalui PUSPA, masyarakat Jakarta dapat memiliki pusat data, informasi dan edukasi digital yang terintegrasi, serta pilihan konten lokal dan aktivitas virtual yang ramah anak dan keluarga. Pusat Pelayanan Keluarga juga akan menghadirkan sarana konseling secara online dan offline bagi keluarga (ibu, balita, remaja dan lansia) maupun korban kekerasan dalam rumah tangga.


Artikel Terkait



Call Center Puspa