Konsulltasi DPPAPP

Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

Serba Serbi DPPAPP

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta bersama Direktorat Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN menyelenggarakan kegiatan Advokasi dan KIE tentang Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam rangka percepatan penurunan stunting. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Vasaka (Dafam) Jakarta Timur secara hybrid melalui Zoom dan Youtube BKKBN Official dan Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (27/2).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan komitmen stakeholder dan mitra kerja pemerintah daerah dan/atau desa tentang pengasuhan 1000 HPK dalam rangka percepatan penurunan stunting, meningkatkan komitmen pemangku kebijakan dan mitra kerja baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka pelaksanaan kegiatan promosi media dan KIE pengasuhan 1000 HPK melalui kelompok BKB di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta dan memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota maupun pemerintahan desa/kelurahan.

Acara ini dibuka oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Nopian Andusti. Beliau menyampaikan bahwa calon orang tua dan calon pengantin perlu memiliki pemahaman tentang perencanaan kehidupan keluarga yang baik dan kesadaran bersama untuk membantu tumbuh kembang anak secara optimal. Beliau juga menekankan bahwa pengasuhan balita dan anak serta pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dalam mencegah stunting adalah tanggung jawab bersama.

 

Hadir sebagai narasumber antara lain Siti Nurhayati (Kasi Perlindungan Anak Sudin PPAPP Kota Jakarta Barat), Darwoto (Plt. Kepala Sudin PPAPP Kota Jakarta Selatan), Hary Sutanto (Kepala Sudin PPAPP Kota Jakarta Timur), Dwi Wahyu Riyanti (Kepala Sudin PPAPP Kota Jakarta Pusat), Noer Subchan (Kepala Sudin PPAPP Kota Jakarta Utara), Simon Baginda Pardomuan Panjaitan (Kepala Sudin PPAPP Kabupaten Kepulauan Seribu), dan Muhammad Fahri (Lurah Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).

Sebanyak 45 peserta hadir secara luring, termasuk perwakilan dari Ditbalnak, Dinas PPAPP, Dit KIE, Dittekda, Perwakilan Suku Dinas PPAPP. Sementara 405 peserta mengikuti secara daring, diantaranya perwakilan dari unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TP PKK Provinsi DKI Jakarta, serta masyarakat umum.



Artikel Terkait



Call Center Puspa