Konsulltasi DPPAPP

Tips untuk Mengelola Stres

Siap Sehat

Hai Perempuan Jakarta! Sering kali kita merasakan stres di kantor, di rumah, dan bahkan di jalan. Stres bisa terjadi karena interaksi yang kurang baik dengan orang lain, pekerjaan yang bertumpuk atau lelah terjebak di kemacetan. Stres kronis dapat mengganggu mental, fisik dan emosi sehingga tidak bisa memberikan performa terbaik. Tapi tidak ada hidup seseorang yang bebas dari stres. Oleh karenanya penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengelola stres yang kita alami.

Simak 3 tips simpel ini untuk membantu anda untuk mengelola stres:

1. Positif Self-Talk

Kadang kala kita melakukan self-talk, baik secara langsung maupun di dalam kepala. Self-talk bisa positif "Saya pasti bisa melalui ini" maupun negatif "Saya tidak akan bisa berubah". Negatif self-talk akan meningkatkan stres. Positif self-talk dapat membantu menenangkan diri dalam mengelola stres. Untuk menerapkan positif self-talk kita dapat berlatih di kendaraan, di meja kerja, atau sebelum tidur kapanpun ketika muncul pikiran negatif cobalah untuk merubahnya menjadi positif.


2. 10 Tindakan Penghenti Stres Darurat

Penghenti stres darurat adalah tindakan yang segera dilakukan untuk membantu anda mengurangi stres. Anda mungkin membutuhkan penghenti stres yang berbeda untuk berbagai situasi dan kadang kala Anda memerlukan kombinasi dari beberapa penghenti stres darurat.

Berikut beberapa tindakan yang mengurangi stres:

1. Hitung sampai 10 sebelum berbicara atau bertindak

2. Tarik nafas yang dalam secara perlahan sampai Anda merasa sedikit lega

3. Pergi berjalan sebentar, walau hanya ke toilet lalu kembali

4. Berdo’alah atau melakukan relaksasi sejenak

5. Jika tidak urgent, tidurlah dan beri respon pada esok hari

6. Pergi dari situasi tersebut beberapa saat, dan kembali saat Anda merasa sudah tenang

7. Uraikan masalah yang besar menjadi beberapa bagian kecil, dan selesaikan satu persatu

8. Dengarkan musik atau podcast inspiratif

9. Luangkanlah waktu untuk berbagi dengan orang yang disayangi atau membantu orang lain

10. Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.


3. Aktivitas Penghilang Stres

Melakukan aktivitas yang Anda sukai adalah cara alami untuk mengurangi stres dan memperoleh kesenangan. Walaupun ketika sedang merasa kecewa, Anda akan merasa senang ketika melakukan hal kecil seperti mengobrol dengan teman, menonton film, atau membaca buku.

Ketika stres membuat anda jengkel, lakukan sesuatu yang membuat Anda senang walau hanya 10-15 menit. Kuncinya adalah temukan hal sederhana yang membuat Anda senang. Anda akan cepat merasa lebih baik ketika dapat memutus siklus stress tersebut.



Artikel Terkait


2 Komentar

#
anonim 23 February 2023

wah bagus sekali artikelnya

#
Ferri 24 February 2023

Jadi tambah tahu 🙏 terimakasih


Call Center Puspa