Konsulltasi DPPAPP

Kegiatan Pemberdayaan PKT “Menjadi Pengusaha Tangguh Di Era Milenial” oleh Universitas Bina Sarana Informatika.

Perguruan Tinggi

Universitas Bina Sarana Informatika melalui BSI Entrepeneur Center bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengadakan kegiatan Pemberdayaan PKT binaan di Kecamatan Senen, Kecamatan Johar Baru dan Kecamatan Cempaka Putih dengan tema “Menjadi Pengusaha Tangguh Di Era Milenial”.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Gubernur DKI Jakarta yaitu program Jak Preneur. Acara yang diselenggarakan di tiga kecamatan yaitu Kecamatan senen yaitu tanggal 05 Maret 2020, Kecamatan Johar Baru dan Kecamatan Cempaka Putih dilaksanakan tanggal 10 Maret 2020.

Acara yang dilaksanakan di Kecamatan Senen berlangsung selama 3 sesi dan dihadiri oleh 50 Peserta Kader PKK dan Dasa Wisma, acara ini dimulai pukul 08.00 WIB yang diawali dengan sambutan dari Wakil Dinas PPAP Jakarta yaitu Ibu Sri Yuliati dan Wakil Kecataman Senen yaitu Bapak Wildan. Dilanjutkan dengan acara inti sesi pertama disii oleh Bapak Fuad Nur Hasan, M.Kom yang membahas tentang “Menjadi pengusaha tangguh di Era Milenial”. Dilanjutkan dengan Sesi 2 membahas “Workshop Mobile Marketing” yang disampaikan oleh Ibu Elah Nurlelah, M.Kom. setelah itu Sesi terkahir membahas tentang “Workshop Business Model Canvas” yang disampaikan oleh Bapak Mahmud Syarif, SE.MM. Dalam kegiatan ini peserta di ajarkan secara langsung oleh pembicara bagaimana cara mendeksripsikan bisnisnya yaitu dengan cara membuat bisnis model canvas. Bisnis Model Canvas merupakan suatu kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. Model ini digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

Acara yang dilaksanakan di Kecamatan Johar Baru berlangsung selama 3 sesi. Rangkaian Kegiatan tersebut mencakup penyampaian materi motivasi dengan tema “Menjadi Pengusaha Tangguh di Era Milenaial, Workshop digital Marketing, dilanjut dengan workshop Bisnis Model Canvas yang berlangsung dari pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang dan di aula Kecamatan Johar Baru. Seminar yang mengangkat tentang bagaimana para kader PKK dan Dasa Wisma memotivasi dirinya untuk tetap semangat dalam memulai untuk menghadapi aral rintangan dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Kegiatan ini dinarasumberi oleh Bapak Fuad Nur Hasan, M.Kom selaku kepala bagian BSI Entrepreneur. Bapak Fuad menjelaskan bahwa BSI Entrepreneur Center senang sekali bisa berkolaborasi dengan pemerintah DKI Jakarta dapat berbagi ilmu dengan masyarakat menumbuhkan minat kewirausahaan, saat ini menjadi hal yang sangat di butuhkan di era industry 4.0 mereka yang tidak dapat mengikuti pasti akan tertinggal dan akan terjebak masalah perekonomian dengan adanya program jak preneur ini harapan saya masyarakat timbul niat untuk membangun sebuah usaha yang kreatif, inovatif, dan mandiri.

Acara selanjutnya yaitu berlangsung di Kecamatan Cempaka Putih yang dilakukan selama 3 sesi. Rangkaian Kegiatan tersebut mencakup penyampaian materi motivasi dengan tema “Menjadi Pengusaha Tangguh di Era Milenaial, Workshop digital Marketing, dilanjut dengan workshop Bisnis Model Canvas yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dan dilaksanakan di aula Kecamatan Putih. Seminar ini dinarasumberi oleh Bapak Ari Abdilah selaku perwakilan dari BSI Entrepreneur Center, Bapak Hanggoro Aji Alkautsar dan Bapak Islah.  Bapak Ari menjelaskan bahwa kegiatan ini memberikan motivasi dan menghadirkan semangat pada kader PKK dan Dasa Wisma dengan berwirausaha kreatif, sehingga mereka menyadari pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia karena langsung berpengaruh meningkatkan perekonomian, menyerap tenaga kerja, menanggulangi kemiskinan, dan mengurangi beban negara, sehingga bangsa Indonesia semakin kuat dan maju. Bapak Islah selaku narasumber kedua berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengurangi pengangguran, dan mengurangi kemiskinan dan dapat meningkatkan minat usaha kader PKK dan Dasa Wisma Kecamatan Cempaka Putih ini. Kegiatan ini dikunjungi oleh 47 kader PKK dan Dasa Wisma.

Dalam kegiatan ini peserta dapat menambah wawasan tentang dunia bisnis dan semakin terbuka minat masyarakat untuk menjadi entrepreneur dan membagi ilmu entrepreneurship itu sendiri. Serta peserta dapat mengetahui bagaimana cara mendeksripsikan bisnisnya yaitu dengan cara membuat bisnis model canvas

Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat khususnya untuk para kader PKK dan Dasa Wisma Kecamatan Senen, Kecamatan Johar Baru dan Kecamatan Cempapka Putih karena menambah wawasan tentang bagaimana cara berbisnis yang benar. Workshop ini sebaiknya diselenggarakan kembali secara berkala dengan narasumber yang sangat berkompeten dalam bidang bisnis.



Call Center Puspa