Konsulltasi DPPAPP

Pertemuan Koordinasi Pokja Pengarusutamaan Gender Provinsi DKI Jakarta

Serba Serbi DPPAPP

menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) Provinsi DKI Jakarta Terkait Dokumen Perencanaan Penganggaran Responsif Gender di Ruang Pola BAPPEDA Lantai 2 Grha Ali Sadikin Balaikota pada Kamis (29/2).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran Pokja PUG sebagai wadah konsultasi dan penggerak di setiap perangkat daerah di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan komitmen anggota Pokja PUG agar kebijakan program di setiap perangkat daerah menjadi responsif gender.

Sekretaris Dinas PPAPP DKI Jakarta, Darwoto, mewakili Plt. Kepala Dinas PPAPP, membuka acara ini. Darwoto menyampaikan bahwa target Anggaran Responsif Gender (ARG) Daerah disepakati minimal 2,5% pada Tahun 2023 dan harus meningkat di setiap tahunnya.

Untuk mendorong tercapainya target tersebut, dibutuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) yang merupakan forum dialog dan pengambil keputusan tentang pelaksanaan PUG di provinsi dan terbentuknya focal point di masing-masing SKPD. Pokja PUG menjadi sangat penting mengingat peran Pokja untuk menggerakkan SKPD dalam pelaksanaan PUG di provinsi.

Acara ini menghadirkan narasumber Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA RI, Lenny N. Rosalin; Perencana Ahli Muda Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Ina Marliana; serta Fasilitator Pengarusutamaan Gender dan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Nasional, Yurni Satria.

Peserta yang hadir terdiri dari 44 orang dari berbagai instansi terkait dan Perangkat Daerah di Provinsi DKI Jakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujudnya pembangunan yang memperhatikan keadilan gender melalui analisis gender terhadap masing-masing program pembangunan yang dilaksanakan di semua sektor pembangunan.


Artikel Terkait



Call Center Puspa