Mengenal Formula Pengaturan Keuangan Pribadi yang Efektif

Pojok Informasi Sahabat Anak (PISA)

Di tahun 2024 ini berbagai resolusi kita buat dan berbagai harapan untuk dapat menggapainya. Dari masalah percintaan, kesehatan, sampai financial freedom. Nah bagi kaum milenial yang hidup di kota besar seperti Jakarta pasti sangat menginginkan kebebasan finansial bebas dari hutang di tengah maraknya tawaran-tawaran pinjol dan dapat merealisasikan aktualisasi diri tanpa harus membebani uang tabungan. Simak penjelasan dan ulasannya agar dapat kamu mulai terapkan di awal tahun 2024 untuk selangkah lebih dekat dengan resolusimu.

1.      Apa sih mengelola keuangan dan seberapa penting itu?

Mengelola keuangan adalah cara seorang untuk mengatur, menjadwal, merencanakan, menyimpan dan mengendalikan dana yang dimiliki. Seberapa penting itu? Hal itu dikelola dengan tujuan menghindari resiko defisit, bangkrut atau sudah habis sebelum waktu yang ditentukan.

2.      Bagaimana mengelola keuangan yang baik?

Saat bicara pengelolaan atau pengaturan hal itu tidak lepas dari tertib administrasi atau pencatatan. Seorang pengelola keuangan yang baik akan memulai dengan membuat catatan-catatan yang baik dan teratur.

3.      Fungsi mengelola keuangan apa saja?

a. Fungsi planning adalah fungsi dari merencanakan anggaran, manajemen pengeluaran dengan tujuan agar pengelolaan keuangan lebih tertata.

b.  Fungsi budgeting adalah teknik penganggaran untuk kebutuhan sehari-hari agar cash flow dapat tertata.

c. Fungsi reporting adalah fungsi yang dipakai dalam mengelola bisnis. Biasanya diwujudkan dalam bentuk pelaporan kinerja dalam periode tertentu.

4.     Formula dalam mengelola keuangan, salah satu formula yang cukup efektif dalam mengelola keuangan adalah dengan memakai rumus 50-30-20 yang terdiri dari 50% penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya penting seperti (makanan, kesehatan). 30% digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat aktualisasi diri seperti liburan, nonton, atau membeli sesuatu yang sudah masuk dalam wishlist. 20% digunakan untuk investasi dengan tujuan untuk persiapan masa depan.

5.     Bagaimana cara kerja formula 50-30-20?

a.  Hitung pendapatan bulanan anda.

b. Hitung ambang batas maksimal dari formula 50-30-20 diambil dari gaji.

c. Rencanakan anggaran kamu dengan cara buat daftar pengeluaran.

d.   Pantau dan lakukan evaluasi berkala.



Call Center Puspa