Konsulltasi DPPAPP

Strategi Tingkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Siap Ekonomi

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu para pelaku bisnis dalam mendapatkan peluang dan menaikkan omset penjualannya. Hal ini perlu dipersiapkan jauh hari sebelumnya karena terdapat perbedaan perilaku konsumen saat bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya. 


Pada umumnya di bulan Ramadhan masyarakat akan berlomba-lomba meningkatkan ibadah mereka. Selain itu akan banyak kegiatan berkumpul dengan teman atau keluarga seperti buka puasa bersama dan ‘ngabuburit’. 


Lalu bagaimana strategi memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk meningkatkan penjualan?


Hampers

Saat ini di media sosial marak pemasaran dengan bentuk hampers. Umumnya hampers ini dibuat khusus untuk hari-hari besar yang dikirimkan untuk orang-orang terdekat, dibungkus dengan cantik dan terdapat kartu ucapan agar memberikan kesan eksklusif. 


Nah, hampers ini bisa dimanfaatkan untuk pelaku usaha kue kering, snack, dan makanan/minuman kemasan lainnya karena cenderung lebih awet. Namun selain jenis makanan/minuman tersebut tetap bisa menggunakan bentuk hampers dengan memperhatikan daya tahan produk tersebut dan jarak pengantarannya.


Bundling

Pemanfaatan paket bundling bisa digabung antara makanan utama dengan makanan pelengkap serta minuman. Paket bundling bisa dijual dengan harga yang cukup terjangkau.


Delivery Online

Pada bulan Ramadhan mulai dimaksimalkan operasional pelayanannya, salah satunya mengoptimalkan delivery online, dengan “disiplin” jam operasional  menjelang dan saat  waktu berbuka (jam 16.00 - 19.00) dan saat sahur (01.00 - 04.00).


Paket Donasi

Karena pada bulan Ramadhan konsumen menjadi tergerak untuk mencari keberkahan, maka  pelaku usaha bisa memanfaatkan momen tersebut dengan memaksimalkan paket donasi via online, seperti paket untuk berbagi di masjid sekitar, paket traktir driver ojek online. Selain itu dapat meningkatkan brand awareness pada usaha tersebut.


Lalu seperti apa ya cara mengoptimalkan strategi tersebut di bulan Ramadhan?

Membuat konten terkait produk tersebut

Menggunakan metode live selling melalui marketplace atau media sosial

Menyesuaikan pemasaran dengan biaya

Manfaatkan WhatsApp Business


Yuk optimalkan penjualan di bulan Ramadhan ini dengan mencoba beberapa strategi yang dijelaskan di atas! Selain itu produk yang dipasarkan bisa sesuai dengan minat masyarakat. Namun tetap harus diperhatikan apakah strategi tersebut sudah sesuai dengan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun jumlah produk yang dimiliki agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kewirausahaan, konsultasikan kepada Konselor Kewirausahaan Puspa yang dapat diakses secara gratis.



Artikel Terkait



Call Center Puspa