Konsulltasi DPPAPP

Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Serentak

Serba Serbi DPPAPP

Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Serentak dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-52 dilaksanakan secara hybrid dari Alun-Alun Cirimekar Kabupaten Bogor yang diikuti oleh seluruh TP PKK dari Tingkat Pusat hingga Kelurahan se Indonesia, pada hari Senin (4/3).

Peringatan diawali dengan Gertam Cabai secara serentak yang dipimpin langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan Istri Wakil Presiden, Wury Estu Handayani, diikuti TP PKK seluruh Indonesia. Sebelum memulai gertam Cabai, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan secara simbolis bibit cabai kepada penerima.

Pada Tingkat Provinsi DKI Jakarta, acara dipusatkan di Taman Hatinya PKK Tanah Abang, Apartemen Sudirman Park, Jakarta Pusat. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta Komariah Marullah, Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, Plt. Kepala Dinas PPAPP Mochamad Miftahulloh Tamary, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, serta perangkat daerah lainnya.

Peringatan HKG-PKK ke-52 Tahun 2024 ini diwarnai dengan penanaman 31.800 bibit pohon cabai di seluruh wilayah DKI Jakarta. Gertam cabai ini dilaksanakan di 502 lokasi dengan melibatkan 7.430 kader PKK.

Di Apartemen Sudirman Park sendiri, ditanam 900 pohon cabai dan 50 pohon rosella sebagai tanaman unggulan Jakarta Pusat. Selain menanam pohon cabai dan rosella, kegiatan ini juga diisi dengan menebar 1.000 ekor benih ikan konsumsi, berbagi makanan sehat kepada anak-anak terindikasi stunting, dan pembagian buku bacaan untuk siswa SLTA.

Kegiatan Gertam cabai serentak ini menjadi momentum gerakan bersama segenap jajaran TP PKK hingga ke tingkat kelurahan. Diharapkan, kader PKK dapat memanfaatkan lahan yang tersedia untuk menanam cabai, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga.


Artikel Terkait



Call Center Puspa