Konsulltasi DPPAPP

Gejala Morning Sickness Ibu Hamil

Siap Sehat

Sekitar 50-90% ibu hamil mengalami keluhan mual dan muntah. Keluhan ini biasanya disertai dengan hipersalivasi, sakit kepala, perut kembung, dan rasa lemas pada badan. Keluhan-keluhan ini secara umum dikenal sebagai "morning sickness".

Wanita hamil mengalami mual dan muntah selama trimester pertama kehamilan, umumnya terjadi pada minggu ke-4 dan ke-6 usia kehamilan dengan puncak antara minggu ke-8 hingga ke-12. Bentuk yang lebih berat dari mual dan muntah dikenal dengan hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum adalah muntah yang terjadi pada awal kehamilan sampai umur kehamilan 20 minggu. Keluhan muntah kadang-kadang begitu hebat dimana segala apa yang dimakan dan diminum dimuntahkan sehingga dapat mempengaruhi keadaan umum dan mengganggu pekerjaan sehari-hari, berat badan menurun, dehidrasi, dan terdapat aseton dalam urin bahkan seperti gejala penyakit apendisitis, pielitis, dan sebagainya. 


Gejala Hiperemesis Gravidarum

Gejala utama hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah saat hamil, yang bisa terjadi hingga lebih dari 3–4 kali sehari, yang terkadang juga dapat disertai konstipasi, sakit kepala, sensitif bau, maupun jantung berdebar. Kondisi ini bisa sampai mengakibatkan hilang nafsu makan dan penurunan berat badan. Muntah yang berlebihan juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami pusing, lemas, dan dehidrasi.

Pencegahan Hiperemesis Gravidarum

Mengonsumsi makanan tinggi protein, rendah lemak, dan bertekstur halus agar mudah ditelan dan dicerna. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering, serta menghindari makanan berminyak, pedas, atau berbau tajam, yang dapat memicu rasa mual.

Pengobatan Hiperemesis Gravidarum

Beberapa obat yang dapat diberikan oleh dokter adalah:

  • Obat anti mual, seperti promethazine
  • Vitamin B1 atau tiamin
  • Pyridoxine atau vitamin B6
  • Suplemen vitamin dan nutrisi.

Artikel Terkait



Call Center Puspa