Konsulltasi DPPAPP

Peran Ayah dalam Keberhasilan ASI Eksklusif

Siap Pintar

ASI merupakan sumber makanan terpenting bagi bayi. Anak tumbuh sehat, cerdas, dan bahagia adalah harapan bagi orang tua. Salah satu caranya dengan memberikan makanan terbaik untuk anak yaitu ASI. ASI tak hanya mengandung berbagai macam nutrisi, tapi juga memberikan rasa nyaman dan berbagai manfaat lainnya bagi ibu dan bayi.


Memberikan ASI Eksklusif bukan hanya tanggung jawab seorang ibu, namun ayah juga harus berperan aktif ikut membantu ibu dalam keberhasilan ASI Eksklusif. Dukungan ayah sangat menentukan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif. Ayah berperan penting membuat perasaan ibu yang menyusui senang. Perasaan senang itu akan berpengaruh pada lancar dan derasnya ASI yang akan diproduksi ibu.


Berikut beberapa dukungan ayah terhadap ibu dalam pemberian ASI Eksklusif, yaitu:


1. Dukungan Informasional 

Suami dapat mengedukasi istri dengan informasi dan edukasi seputar pentingnya ASI Eksklusif, agar istri memiliki persepsi yang baik untuk mengutamakan nutrisi bayi, contohnya teknik menyusui yg baik dan benar, manfaat ASI untuk ibu dan bayi.


2. Dukungan Instrumental

Berikan bentuk dukungan nyata oleh suami secara materi yang bertujuan meringankan beban istri yang sedang menyusui bayinya, contohnya:

- Suami harus tahu dan sigap mengenai apa yang dibutuhkan istri. Suami membelikan pompa ASI, popok bayi, pembalut ibu nifas, serta kebutuhan ibu dan bayi lainnya.

- Tindakan yang membantu meringankan beban ibu, contohnya membantu mengganti popok, memandikan, menggendong, dan mencuci pakaian bayi

- Tindakan yang membantu meringankan pekerjaan domestik keluarga, contohnya membantu mengerjakan pekerjaan rumah, memasak, dan membersihkan peralatan rumah tangga.

- Ikut menemani ibu pemeriksaan pasca melahirkan. Hal ini membantu mengurangi perasaan stress pada ibu.


Dukungan Emosional

Beri dukungan dalam bentuk perilaku yang melibatkan rasa empati, perhatian, memberi semangat, dan kehangatan cinta. Tujuannya adalah ayah sebagai tempat yang dapat memberikan rasa kenyamanan dan kedamaian bagi ibu.


Para ayah juga harus aktif memberikan dukungan kepada ibu dalam pemberian ASI sehingga ibu merasa diperhatikan dan semangat dalam melakukan ASI Eksklusif secara maksimal kepada anaknya. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan dukungan ayah bukan satu-satunya faktor dalam keberhasilan pemberian ASI, dukungan ayah tetap penting dalam pemberian informasi dan dukungan emosional. 


Sumber: Journal Pengaruh Dukungan Suami Terhadap Istri Dalam Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia: A Systematic Review (Hidayati, dkk, 2021)


Artikel Terkait



Call Center Puspa