Konsulltasi DPPAPP

Kunci Hidup Sehat, Terapkan 10 Pedoman Gizi Seimbang

Siap Sehat

Gizi seimbang isi piringku merupakan pedoman baru menggantikan slogan 4 sehat 5 sempurna yang mungkin masih banyak orang belum memahaminya. 

Dalam pedoman Gizi seimbang sesuai isi piringku, terdapat ketentuan porsi makan dan takaran asupan seimbang yang dapat makanan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Asupan makanan atau Nutrisi merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga untuk keberlangsungan hidup dan juga menjauhkan diri dari masalah kesehatan. 


Beberapa penyakit yang dapat muncul karena ketidakseimbangan asupan gizi salah satunya adalah diabetes yang dapat terjadi saat tubuh kelebihan asupan gula dan karbohidrat. Oleh karena itu, kita harus menjaga asupan makanan seimbang sesuai dengan kebutuhan asupan sehari tubuh.


Dalam pengaplikasiannya di kehidupan sehari - hari terdapat 10 pedoman atau pesan Gizi Seimbang, yaitu:


1.Biasakan mengonsumsi anekaragam makanan pokok

Hampir seluruh masyarakat mengkonsumsi satu jenis saja sebagai makanan pokok, sejatinya terdapat banyak makanan yang merupakan makanan pokok sumber karbohidrat di Indonesia yaitu jagung, singkong atau umbi umbian, kentang dan olahannya.


2.Batasi konsumsi makanan manis, asin, dan berlemak

Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan berpengaruh pada gula darah, makanan asin atau yang mengandung Natrium tinggi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi, serta makanan tinggi lemak akan meningkatkan terjadinya Kolesterol.


3.Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal

Aktivitas fisik yang umumnya selalu dilakukan yaitu berjalan kaki, bersepeda, maupun mengerjakan aktivitas lain yang membuat tubuh bergerak. Biasakan timbang berat badan satu bulan sekali untuk memantau berat badan tubuh.


4.Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi

Asupan protein dalam satu hari harus terpenuhi 2 – 4 Porsi, yang terdapat dalam ikan, telur, daging, olahan kacang seperti tempe, tahu. Asupan protein dapat dipilih yaitu protein yang mengandung kadar lemak sedang seperti ayam tanpa kulit dan ikan.


5.Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

Cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah beraktifitas, setelah dari toilet, saat akan menyuapi anak, atau saat akan menyentuh makanan dan wajah.


6.Biasakan sarapan pagi

Sarapan sangat penting karena tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas terutama di pagi hari.


7.Minum air putih yang cukup

Air putih harus dipilih yang tidak berwarna dan tidak berbau, minimal 8 gelas per hari.


8.Banyak makan buah dan sayur

Sayur dan buah mengandung berbagai macam Vitamin dan Mineral yang diperlukan untuk keseimbangan tubuh dan sebagai koenzim yang berperan dalam metabolisme tubuh.


9.Biasakan membaca label pada kemasan pangan

Label dalam makanan berfungsi untuk mengetahui berapa kandungan gizi atau nutrisi di dalamnya, sehingga jika kita sudah mengetahui berapa asupan terutama gula, maka kita dapat membatasi asupan lainnya sehingga tidak terjadi kelebihan maupun kekurangan asupan.


10.Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Saat kita bersyukur tentang apa yang kita makan, maka tubuh kita akan menikmati makanan yang kita konsumsi. Dalam satu jenis makanan mengandung beragam zat gizi yang kita perlukan, terkadang dalam satu jenis makanan belum tentu zat gizinya ditemukan di makanan yang lain sehingga dibutuhkan makanan yang beragam.


10 pesan atau pedoman gizi seimbang ini saat penting dilakukan karena dapat menjauhkan diri dari penyakit juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan diri lebih aware pada kesehatan.


Artikel Terkait



Call Center Puspa